INDONESIA VACAY : BELITUNG ISLAND

Saturday, September 24, 2016

Belitung menjadi pulau yang sering dipuji keindahan laut dan pemandangannya. Pulau Belitung berlokasi di sebelah timur Sumatera dan merupakan bagian dari Provinsi Bangka Belitung. Luasnya hanya 4.800,6 km persegi saja namun pulau ini menyimpan banyak kekayaan dan keindahan alam yang akan membuat anda takjub. Lalu, mana saja yang menjadi Must Visit Places di Belitung?

ISLAND HOPPING

Salah satu kegiatan wajib saat berkunjung ke Pulau Belitung adalah Island Hopping! Perjalanan dimulai dari dermaga Pantai Tanjung Kelayang.



















Pemandangan dari atas Mercusuar

Batu-batu besar di Pulau Kelayang

Pemberhentian pertama adalah Pulau Pasir yang sebaiknya dikunjungi sebelum pukul 11 siang. Jika air laut pasang maka pulau tersebut akan menghilang atau tenggelam. Anda akan banyak menemukan bintang laut di sekitar pulau ini. Beranjak dari Pulau Pasir, tujuan berikutnya adalah Pulau Batu Berlayar. Batu-batu berukuran besar dan megah akan menyambut anda. Selanjutnya, anda akan dibawa menuju Pulau Burung, pulau tak berpenghuni yang sangat indah. 

Pulau Lengkuas menjadi tujuan berikutnya. Disinilah spot untuk snorkeling dengan batu karang yang sangat indah. Airnya jernih dan akan ada banyak ikan yang menemani anda saat snorkeling :) Jangan lupa untuk singgah di daratannya dimana terdapat mercusuar yang dibangun pada tahun 1882 oleh Pemerintah Kolonial Belanda. Pada mercusuar ini terdapat 18 tingkatan yang harus anda naiki. Walaupun melelahkan namun rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan dari atas mercusuar. 

Pemberhentian terakhir adalah Pulau Kelayang yang baru-baru ini ditemukan. Daya tarik dari pulau ini adalah batu-batu besar yang menyerupai goa dengan aliran air laut di bawahnya. Menurut saya, pulau ini merupakan klimaks dari perjalanan Island Hopping ini! 


DANAU KAOLIN DAN BELITUNG TIMUR 

Sebelum mengunjungi Belitung Timur, ada baiknya anda mampir ke Danau Kaolin atau orang Jakarta mengenalnya dengan nama Danau Biru. Danau ini merupakan bekas penambangan kaolin. Kaolin merupakan tanah liat hasil dari pelapukan batu granit. Bekas penggalian tambang kaolin ini membentuk pemandangan yang indah dengan warna danau yang biru muda.




Jika anda pernah menonton film Laskar Pelangi, disinilah anda bisa menemui sekolah Muhammadiyah Gantong. Selain itu, museum kata Andrea Hirata juga dapat menjadi pilihan kunjungan ketika berada di Belitung Timur. Hal menarik lainnya adalah mengunjungi kampung halaman dari Gubernur DKI Jakarta yaitu Kampung Ahok! 








PANTAI TANJUNG TINGGI (LASKAR PELANGI)

Pantai ini terkenal karena merupakan lokasi syuting dari film Laskar Pelangi. Anda dapat menjumpai batu-batu besar dan menaikinya.






Selain berfoto di atas batu-batu besar tersebut, pantai ini menyediakan beberapa permainan air seperti kayaking. Anda juga dapat berenang dengan aman disini. 


PANTAI PENYABONG

Satu lagi pantai indah yang dapat anda kunjungi di Pulau Belitung. Pantai Penyabong terletak 70 km dari Tanjung Pandan. Anda dapat menikmati es kelapa muda di pasirnya yang putih sembari menikmati pemandangan yang indah.









Selamat merencanakan perjalanan ke Pulau Belitung :)




Follow my IG for more updates 
@levinapangestu
or
email me here
levina.pangestu@hotmail.com

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe