12 FOODS TO EAT AT BUSAN

Tuesday, August 30, 2016

Busan menjadi salah satu kota tujuan berlibur bagi warga Korea Selatan. Selain tempat wisatanya yang indah, kegiatan kuliner juga menjadi suatu hal yang menarik untuk dilakukan di Busan. Saya berkesempatan untuk mencicipi beberapa makanan khas yang sudah populer.

Byeolnan Myeolchi Guksu 

Restoran 24 jam ini adalah tempat makan pertama saya di Busan. Berhubung saya sampai di Busan pada sore hari dalam keadaan lapar, maka saya mencari restoran di dekat tempat menginap. Lokasi restoran ini berada di samping apartemen yang saya inapi, hanya terpisah 1-2 gedung saja. Restorannya selalu ramai dan menu yang disajikan terlihat menarik karena benar-benar makanan lokal Busan. Harganya pun cukup murah untuk menu nasi dan sup.

Tampak Depan Restoran 'Byeolnan Myeolchi Guksu'
Noodle with Anchovy Broth | 2.500 KRW
Spicy Beef Soup with Rice | 3.500 KRW
King Dumpling | 3.500 KRW
Myeolchi berarti ikan teri dan guksu berarti mie. Myeolchi Guksu adalah sajian mie dengan kuah berkaldu ikan teri. Kuahnya bening dan mienya halus. Taburan di atasnya berupa potongan fishcakes, daun bawang, rumput laut, potongan daun kucai dan gochujang (red pepper taste khas Korea). Rasa dari mie berkuah ini sangat fresh. Tambahan saus gochujangnya memperkaya rasa dari kuah mie ini.

Spicy Beef Soup with Rice merupakan makanan yang sangat sering saya jumpai di Korea. Dalam satu mangkuk sup terdiri dari nasi, potongan daging yang cukup banyak dan besar, serta taburan daun bawang dan gochujang. Sebagai info tambahan, makanan di Korea banyak menggunakan daun bawang dan porsinya besar-besar.  Rasa dari sup ini segar dan sedikit pedas, bisa membuat orang ketagihan. 

King Dumpling adalah pangsit rebus seperti yang biasanya dijumpai pada dimsum namun ukurannya lebih besar. Isi dari pangsit ini bisa berupa kimchi atau daging babi. Menurut saya, rasa dari pangsit ini berbeda dengan yang biasa saya makan di dimsum. Rasa kimchi memberikan keunikan tersendiri untuk dumpling ini. Kamu juga akan sangat puas karena ukurannya yang besar namun dengan harganya yang relatif murah.

How To Get There:
Stasiun terdekat - Jungdong Station.
Keluar Exit 7 dan jalan lurus sekitar 50 m. 
Restoran akan ada di sebelah kiri.

Chicken with Cheese Sauce

Chicken with Cheese Sauce | 3.000 - 4.000 KRW
Jajanan ayam ini saya temukan saat berkunjung ke Gamcheon Cultural Village. Banyak kios-kios yang menjual jajanan ayam seperti ini. Kamu tinggal pilih saja mana yang diinginkan. Ayam fillet digoreng menggunakan tepung, lalu ditaburi dengan bubuk keju. Porsinya cukup besar untuk sehingga cocok untuk cemilan rame-rame. 

Fried Dumplings

Fried Dumpling | 3.000 - 4.000 KRW
Berbeda dengan dumpling sebelumnya, fried dumpling ini berukuran lebih kecil dan tidak direbus melainkan digoreng di atas teflon. Isinya tetap sama yaitu kimchi atau daging babi cincang. Kamu bisa hanya membeli salah satu jenis isi atau mencampur kedua jenis isi tersebut. Fried Dumpling ini langsung digoreng di hadapan para konsumen sehingga kamu akan menerimanya selagi masih hangat. Rasanya sedikit lebih gurih daripada dumpling yang direbus. Saya membeli fried dumpling ini di BIFF Square (Busan International Film Festival Square), daerah Nampo-dong.

Hotteok

Hotteok | 2.000 - 3.000 KRW
Hotteok adalah street food khas negara Korea. Adonannya menyerupai donat dengan isi kacang-kacangan, saus madu, dan brown sugar. Setelah diisi, adonan tersebut dipanaskan di atas teflon. Jika sudah matang, akan ditaburi dengan bubuk kayu manis. Hotteok cocok untuk dijadikan cemilan sore sambil  berjalan-jalan bersama teman. Jajanan ini akan banyak ditemui di jalanan bahkan di supermarket. Hotteok yang saya beli cukup terkenal di area BIFF Square karena antriannya yang cukup panjang dan menarik perhatian.

32 cm Ice Cream

32 cm Ice Cream | 2.000 KRW
Masih di area BIFF Square, saya menemukan es krim yang cukup menarik perhatian orang-orang karena tingginya. Ya, tinggi dari es krim tersebut seperti tertulis di spanduknya adalah 32 cm. Ada 3 rasa yang ditawarkan yaitu vanilla, coklat, dan greentea. Saya membeli rasa vanilla dan greentea. Kamu juga bisa membeli es krim dengan gabungan 3 macam rasa tersebut. 

How To Get There:
Stasiun terdekat - Jagalchi Station
Keluar exit 7, jalan lurus lalu belok kiri sekitar 5 menit.

Ssangdoongi Dwaeji Gukbap

Pork Soup with Rice merupakan makanan populer dan terkenal di Busan. Salah satu restoran yang menyajikan menu makanan ini adalah Restoran Ssandoongi Dwaeji Gukbap. Bagi para turis yang datang ke Busan, wajib untuk mencicipi makanan ini. 2 menu yang saya rekomendasikan adalah menu Pork Soup with Rice dan Boiled Pork with Rice

Pork Soup with Rice | 6.000 KRW
Boiled Pork with Rice | 7.500 KRW
Pork Soup with Rice adalah sajian nasi hangat yang disiram dengan kuah kaldu babi dan berisi potongan daging babi. Lalu ditaburi dengan daun bawang. Kamu juga bisa menambahkan potongan daun kucai di kuahnya. Dagingnya sangat empuk dan rasa supnya sangat enak. Makanan ini cocok untuk sarapan, makan siang bahkan makan malam sekalipun. Porsinya pun cukup besar bagi perut orang Indonesia. Menu kedua adalah Boiled Pork with Rice. Sebenarnya sajiannya sama namun dengan tambahan potongan daging babi rebus. 

How To Get There:
Stasiun terdekat - Daeyeon Station.
Keluar exit 3 dan jalan lurus sekitar 100 m.
Restoran ada di sebelah kiri.

Jaws Tteokbokki

Buat kamu-kamu yang belum pernah coba tteokbokki sebelumnya, Jaws Tteokbokki merupakan pilihan yang tepat. Rasa dari tteokbokki disini telah disesuaikan sedemikian rupa sehingga rasanya tidak terlalu kuat dan pedas. Harga yang ditawarkan pun murah meriah. Selain tteokbokki kamu bisa mencicipi twigim atau gorengan khas Korea. Jaws Tteokbokki sudah sangat populer di negara ini sehingga kamu bisa menemukan cabangnya dimana-mana termasuk di Seoul.

Tteokbokki | 2.500 KRW
Omuk with Cheese | 2.000 - 3.000 KRW
Tteokbokki merupakan salah satu dari cemilan khas Korea. Jajanan ini terdiri dari rice cake dan fish cake lalu disiram dengan menggunakan saus yang berbahan dasar gochujang. Selain itu, bisa juga ditambahkan telur, pangsit, bahkan mie ramen. Menu kedua yang saya cicipi adalah Omuk with Cheese. Omuk adalah fish cake. Menu ini menyajikan fishcake yang telah diisi lelehan keju lalu digoreng dengan tepung. Jajanan-jajanan ini cocok dimakan sambil hangout dengan teman-teman.

How To Get There:
Stasiun terdekat - Jagalchi Station
Keluar exit 5 lalu belok kiri. Pada perempatan ke-3, belok kanan.
Jalan lurus, restoran ada di sebelah kanan (dekat pizza hut).


Spicy Stir-fry Baby Octopus

Spicy Stir-fry Baby Octopus | 30.000 - 40.000 KRW
Challenge yourself with this spicy stir-fry baby octopus! Sausnya sangat pedas, cukup untuk menghilangkan stres. Warga Korea biasanya makan yang pedas-pedas untuk menghilangkan penat. Menu ini menyajikan baby octopus, rice cakes, dan samgyeopsal yang dimasak bersamaan dengan saus pedas. Terdapat tambahan saus keju dan jagung untuk menetralisir rasa pedas di lidah kamu. Lokasi restoran ini tidak jauh dari Jaws Tteokbokki, hanya berbeda 1-2 gedung saja.

How To Get There:
Stasiun terdekat - Jagalchi Station
Keluar exit 5 lalu belok kiri. Pada perempatan ke-3, belok kanan.
Jalan lurus, restoran ada di sebelah kanan (sebelah Jaws Tteokbokki)


"People who love to eat are the best people" 
 - Julia Child -

Follow my IG for more updates 
@levinapangestu
or
email me here
levina.pangestu@hotmail.com

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe